Senin, 29 Februari 2016

pengertian dan contoh kearifan lokal


 kearifan lokal

       Pengertian kearifan lokal dilihat dari kamus Inggris Indonesia terdiri dari 2 kata yaitu kearifan (wisdom) dan lokal (local). Local berarti setempat dan wisdom sama dengan kebijaksanaan. Dengan kata lain maka local wisdom dapat dipahami sebagai gagasan-gagasan, nilai-nilai-nilai, pandangan-pandangan setempat (lokal) yang bersifat bijaksana, penuh kearifan, bernilai baik, yang tertanam dan diikuti oleh anggota masyarakatnya. Jadi kearifan lokal merujuk pada lokalitas dan komunitas tertentu.  
      Ciri-ciri kearifan lokal tersebut adalah sebagai berikut:
1.mampu bertahan terhadap budaya luar,

2.memiliki kemampuan mengakomodasi unsur-unsur budaya luar,

3.mempunyai kemampuan mengintegrasikan unsur budaya luar ke dalam budaya asli,

4.mempunyai kemampuan mengendalikan,

5.mampu memberi arah pada perkembangan budaya. 
   Contoh karifan lokal :
1. AWIG-AWIG (Lombok Barat dan Bali)
    awig-awig memuat aturan adat yang harus dipenuhi setiap warga masyarakat di Lombok Barat dan Bali, sebagai pedoman dalm bersikap dan bertindak terutama dalam berinteraksi dan mengelola SDA dan lingkungan 
2. HUTAN LARANGAN ADAT (Desa Rumbio Kec. Kampar Prov. Riau)
    Hutan larangan adat dibuat yaitu untuk melestarikan hutan bersama-sama didalam masyarakat tersebut dan masyarakat dilarang menebang dihutan larangan adat tersebut. jika dilanggar akan dikenakan denda seperti beras 100 kg atau berupa uang sebesat Rp 6.000.000,-
3. REPONG DAMAR (Krui-Lampung Barat)
    Repong damar/ hutan damar merupakan model pengelolahan lahan bekas lading dalam bentuk wanatani yang dikembangkan oleh masyarakat Krui di Lampung Barat, yaitu menanami lahan bekas ladi dengan berbagai jenid tanaman. antara lain : damar, kopi,karet, durian, dll.
4. BEBIE (Muara Enim-Sumatra Selatan)
    Bebie merupakan tradisi menanam padi atau memanen padi yang dilakukan secara bersama-sama dengan tujuan agar pemanenan padi cepat selesai, dan setelah panen selesai akan diadakan perayaan sebagai bentuk rasa syukur atas panen yang sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar